UJI STABILITAS SEDIAAN LIP CREAM DENGAN VARIASI KONSENTRASI PEWARNA ALAMI EKSTRAK ETANOL BUNGA KECOMBRANG (Etlingera elatior (Jack) R.M.Sm.)

Main Article Content

Rani Prabandari Rani
Pramestika Nur Azmi Ramadhani
Dina Febrina

Abstract

Lip cream adalah bentuk sediaan semi-padat yang digunakan untuk menjaga kelembaban bibir dalam jangka waktu lebih panjang dibandingkan dengan penggunaan sediaan padat. Salah satu tanaman yang dapat digunakan sebagai pewarna alami pada lip cream adalah bunga kecombrang (Etlingera elatior (Jack) R.M.Sm.). Tujuan dari penelitian ini adalah menformulasikan ekstrak etanol bunga kecombrang sebagai pewarna alami dalam sediaan lip cream. Metode penelitian yang dilakukan secara eksperimental yang meliputi pembuatan ekstrak, formulasi sediaan menggunakan ekstrak bunga kecombrang dengan konsentrasi 1,5%, 3% dan 6%. Pemeriksaan mutu fisik sediaan seperti uji organoleptik, uji homogenitas, uji pH, uji daya oles, uji daya sebar, uji daya lekat, uji stabilitas, uji kesukaan (hedonik) dan uji iritasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa sediaan lip cream dengan konsentrasi 1,5% berwarna cream kecoklatan, konsentrasi 3% berwarna coklat dan konsentrasi 6% berwarna coklat kemerahan. Semakin bertambah konsentrasi ekstrak bunga kecombrang yang digunakan dalam formula maka semakin bertambah pekat warna sediaan lip cream yang dihasilkan. Hasil uji stabilitas cycling test menunjukkan semua formula stabil dilihat dari hasil organoleptik, homogenitas, pH, daya oles, daya sebar dan daya lekat selama penyimpanan. Sediaan formula 3 konsentrasi 6% ekstrak bunga kecombrang paling disukai oleh panelis, sebanyak 15 panelis memberikan penilaian sangat suka dan sebanyak 5 panelis memberikan penilaian suka. Dari hasil uji iritasi menunjukan bahwa  seluruh formula bersifat iritasi sangat ringan.

Article Details

How to Cite
Rani, R. P., Pramestika Nur Azmi Ramadhani, & Febrina, D. (2024). UJI STABILITAS SEDIAAN LIP CREAM DENGAN VARIASI KONSENTRASI PEWARNA ALAMI EKSTRAK ETANOL BUNGA KECOMBRANG (Etlingera elatior (Jack) R.M.Sm.). Jurnal Ilmu Farmasi Terapan Dan Kesehatan, 2(1), 1-16. Retrieved from https://epik.ikifa.ac.id/index.php/journals/article/view/93
Section
Articles